Rabu, 18 Oktober 2017

Permainan Tradisional Petak Umpet yang Masih Populer di Zaman Sekarang

gambar memainkan permainan petak umpet


     
 Dizaman yang modern seperti saat ini mungkin anak-anak lebih menyukai permainan modern seperti game online dari pada permainan tradisional,.Tetapi permainan tradisional yang satu ini masih cukup popular dizaman sekarang, karena kita masih sering menjumpai anak-anak melakukan permainan ini. Selain permainannya menyenangkan juga dapat melatih kesabaran dalam diri anak, bukan hanya itu seorang anak juga belajar mengingat nama.

     Petak umpet merupakan salah satu permainan tradisional yang identic dengan pencarian dan persembunyian. Permainan ini dimainkan minimal 2 orang, biasanya permainan ini dilakukan di area luar atau outdoor. Dalam melakukan permainan ini 1 orang bertugas sebagai penjaga dengan mata yang tertutup dan pemain lainnya bersembunyi hingga ditemukan oleh pemain penjaga tersebut. 

Cara memainkan permainan ini cukup mudah, berikut penjelasannya
Ø Pertama, yang dilakukan adalah hompipah/gambreng untuk menemukan siapa yang menjadi penjaganya.
Ø Penjaga menutup mata dengan bersender dibenteng dalam keadaan tidak bias melihat apa-apa dan melakukan hitungan biasanya yang sering dipakai adalah hitungan 1-10. Sedangkan pemain lainnya bersembunyi.
Ø Selanjutnya penjaga mencari pemain yang bersembunyi, kalau seandainya ada anak yang dapat mendahului sipencari dan memegang benteng maka artinya anak tersebut menang sedangkan pencari kalah.
Ø Apabial pencari itu kalah maka dia harus menutup mata dengan bersender di benteng tersebut dengan menghitung 1-10 lagi dan permainan diulang dari awal.
Ø Kalau tidak ada pemain yang berhasil memegang benteng maka si pencari menang, yang menjadi penjaga akan bergantian.

Itulah merupakan langkah-langkah yang dapat dimainkan dalam petak umpet. Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar