Rabu, 18 Oktober 2017

Menyulap Bambu Menjadi Alat Permainan Tradisional Anak-anak




     Permainan ini didesaku disebut dengan ubak benthic, mungkin didesa kalian berbeda menyebutnya. Karena disetiap desa nama permainan itu bisa berbeda-beda. Pada waktu zamanku SD aku sering melakukan permainan ini dengan teman-teman ku setiap sore di lapangan.  Dulu permainan ini tidak asing bagi kita. Pasti tiap hari kita memainkannya tetapi ,sekarang kebalikannya justru sekarang jarang sekali kita temukan  anak-anak memainkan permainan ini. Bahkan, sekarang mungkin sudah tidak ada anak-anak zaman sekarang yang memainkan permainan ini. Permainan ini sangat seru apabila dimainkan rame-rame banyak orang.

Peralatan yang perlu disiapkan :
1.     Siapkan 2 buah potong bambu yang satu pendek kira-kira 10 cm, sedangkan yang satunya lebih panjang kira-kira 20 cm.
2.     Buatlah lubang kurang lebih berdiameter 6-8 cm dengan dalamnya kira-kira 5 cm. (hal ini bias sesuai selera).


Cara memainkan permainan ini :

contoh memainkan permainan benthic


     Dalam permainan ini ada yang bertugas sebagai pemain utama yaitu yang memainkan bambu yang di letakkan diatas lubang dengan memindahkan bamboo yang pendek tersebut sejauh jauhnya. Ada juga yang bermain sebagai penerima atau menangkap bamboo yang di lemparkan itu, apabila penerima berhasil menangkap bamboo yang melayang itu maka penerima mendapatkan point. Selanjutnya begitu, permainannya terus bergilir. Menang atau kalah dalam permainan ini ditentukan oleh banyaknya point yang didapat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar